Selasa, 07 Mei 2013

3 Hal Minimal

Ada 3 hal yang minimal bisa dirasakan mukmin lain dari dirimu sendiri. ketiga hal itu adalah

1. Jika dirimu tidak bisa membantunya, maka janganlah dirimu merugikannya
2. Jika dirimu tidak bisa menyenangkan hatinya, maka janganlah dirimu menyakitinya
3. Jika dirimu tidak bisa memujinya, maka janganlah dirimu mencelanya

Setidaknya inilah tiga hal dasar yang harus bisa kita lakukan untuk saudara kita jika kita masih beriman. Itu adalah seringan-ringan perbuatan jika kita mencintai saudara kita. semua itu terlihat amat sangat mudah bukan? bahkan seperti tidak perlu berbuat apa-apa. Namun demikianlah adanya. kadang hal yang begitu sepele saja sering membuat kita lupa dan melalaikan kita. entah berapa kali tanpa kita sadari kita telah menyusahkan orang lain. entah berapa kali kita sudah menyusahkan orang lain. bahkan dalam obrolan pun kadang kita tidak bisa lepas dari yang namanya mencela. baik itu dalam sadar maupun tidak.

jujur saja diri ini akui, bahwa dua dari tiga hal tersebut masih belum bisa ditunaikan dengan baik. padahal hal itu bisa dikatakan amatlah sepele. dan itu merupakan tahapan minimal. kadang ada kalanya ingin diri kita membantu orang lain. akan tetapi dikarekan usaha yang kurang maksimal dari kita sendiri, maka justru yang terjadi adalah diri kita jadi merugikan orang lain. lai lagi ketika kita ingin menyenangkan saudara-saudara kita dengan setiap prilaku kita. namun pahamkah kita dengan tabiat dan keinginan saudara kita? sudah kah kita memahami apa yang mereka sukai dan mereka benci? karena tanpa semua itu bisa jadi justru setiap prilaku kita hanya akan menyusahkan hatinya dan membuat hatinya sakit. kadang kala itu tidak kita sadari. walaupun niat kita tidak begitu kawan, tapi ternyata niat saja tidak cukup. kita harus bisa mencari tau lebih jauh tentang apa saja yang tidak disukai oleh saudara ktia.

saat ini jujur saja aku telah tersadar makna dari perumpamaan itu. dengan hanya berdiam diri saja belum tentu tigal hal minimal tersebut bisa tercapai. apalagi dalam kebersamaan. apabila kita bersama-sama saudara kita, maka janganlah berdiam diri. kadang ketika kita berdiam diri, justru akan memberatkan saudara kita. dengan diamnya kita justru akan menghambat gerak jalan mereka menuju target yang ingin mereka capai. tiga hal minimal ini juga tidak akan bisa capai dengan mudah kawan. kita tetap harus berusaha mencapai target minimal itu. lebih baik menjadi orang yang tidak diingat sama sekali daripada justru diingat karena kesalahan yang telah kita perbuat pada saudara kita. baik itu kecil maupun besar.

Maaf untuk semua yang telah aku lakukan dan semua yang terjadi karena aku pula. sungguh tidak ada maksud untuk membebani dan menyakiti kalian. maaf untuk semuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar